Minggu, 14 Juni 2015

Biaya Produksi



TUGAS MSDM
JOB DESCRIPTION DAN JOB SPECIFICATION





Disusun Oleh :

NAMA : Dicky Iswara Wardhana
kelas Regular Magister Manajemen



PASCASARJA
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWATIMUR 
2015 / 2016









Identitas Jabatan
Nama Jabatan
:
Sales & Marketing Manager
Departemen
:
Sales & Marketing
Atasan langsung
:
Sales & Marketing Director
Bawahan langsung
:
S & M Supervisor(s)

Ringkasan Pekerjaan yang dilakukan oleh Sales Marketing Manager
Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama S & M Supervisor(s) untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.

Tanggung Jawab Utama
No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1
Menentukan harga jual, produk yang akan dilaunching, jadwal kunjungan serta system promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan
B
2
Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal
B/M/H
3
Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
B/M
4
Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan
T/B
5
Menganalisa dan memberikan arah pengembangan design & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
T/B
6
Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
T/B
7
Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.
H
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan


Kewajiban
1.
Laporan data dan informasi kondisi pasar di cabang
2.
Program kerja penjualan
3.
Pencapaian penjualan
4.
Laporan evaluasi penjualan
5.
Laporan penjualan cabang
6.
Tertib administrasi
7.
Tingkat kepuasan konsumen
8.
Keberhasilan program promosi

Otoritas Pekerjaan
Keuangan
:
1.
Target Penjualan
Non Keuangan
:
1.
Target unit penjualan
2.
Jumlah pelanggan
3.
Jumlah tenaga penjualan

Spesifikasi Jabatan
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
:
1.
Minimum pendidikan S-1 di semua bidang


2.
Pemahaman mengenai pemasaran dan penjualan


3.
Pengetahuan mengenai produk perusahaan


4.
Kemampuan negosiasi


5.
Kemampuan presentasi dan komunikasi


6.
5 – 7 tahun pengalaman yang bervariasi dalam bidang pemasaran dan penjualan




Kompetensi
:
1.
Kepemimpinan.


2.
Results oriented


3.
Dapat bekerjasama


4.
Integritas


5.
Membina hubungan


6.
Pendekatan interpersonal


Penjelasan :
Apakah Job Deskripsi ini sesuai dengan Gary Dessler ?
            Belum sesuai karena belum mencantumkan  Standar Prestasi , padahal Gary Dessler  menyebutkan bahwa sebagian besar deskripsi  berisi bagian-bagian yang mencakup :
1.      Identifikasi pekerjaan
2.      Ringkasan pekerjaan
3.      Tanggung jawab dan kewajiban
4.      Otoritas dari pemegang jabatan
5.      Standar prestasi
6.      Kondisi kerja
7.      Spesifikasi pekerjaan

·         menurut saya ada yang perlu di update dari sisi jobdes :
1.      Membangun dan mengembangkan serta menjaga kerahasiaan data base pelanggan di seluruh indonesia.
2.       Mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan menjalin komunikasi  secara rutin dan berkelanjutan.
3.      Membangun hubungan baik dengan retailer.
4.      Mencantumkan Standar Prestasi

Mengapa job des ini perlu di update ?
                        karena sebagai sales marketing manajer kita akan selalu melakukan penjualan dengan konsumen maupun ritailer sehingga perlu menjaga hubungan baik diluar keprofesionalan pekerjaan. agar antara sales marketing manajeer dengan konsumen dan ritailer dapat bekerja sama dengan baik sehingga penjualan terus menerus meningkat.

·         menurut saya ada yang perlu ditambahkan pada job spesifikasi :
            Pada pendidikan sebaiknya fokus pada S1 Manajemen konsentrasi Manajemen pemasaran  dan S1 Manajemen bisnis

Mengapa? karena lulusan manajemen pemasaran dan manajemen bisnis sudah pasti mengetahui teori tentang memasarkan produk. jadi perusahaan hanya melakukan training untuk skill mereka.

berikut adalah salah satu cara mengudate Job Des dan Job Spesifikasi :
·         Wawancara
·         Observasi langsung
·         Kuesioner
            Dari hasil melakukan wawancara, obsevasi langsung, kuesioner di dapatkan hasil rating kuantitatif yang digunakan untuk menganalisa dan mengklasifikasikan pekerjaan. Kalau job des bisa ditambahkan dengan menggunakan Standar Occupational Qualification (kamus jabatan pekerjaan) dan menggunakan sumber- sumber internet yaitu menggunakn O*NET (untuk menggunakan perangkat ini dapat di akses di http://online.onetcenter.org atau juga dapat menggunakan sumber sumber internet seperti jobdescription.com. Kalau spesesifakasi pekerjaan itu menggunakan deskripsi pekerjaan dan menggunakannya untuk menjawab pertanyaan, "Ciri pekerja dan pengalaman apa yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik?" hal ini menjelaskan jenis orang yang akan direkrut dan mutu yang harus diuji. Spesifikasi pekerjaan biasanya berdasarkan pada dugaan terarah dari para manajer; namun, untuk mengembangkan spesifikasi pekerjaan, pendekatan statistik lebih akurat dibandingkan pendekatan lainnya.





Identitas Jabatan
Nama Jabatan
:
Recruitment Staff
Departemen
:
Human Resources
Atasan langsung
:
Recruitment Supervisor
Bawahan langsung
:
-

Tujuan Jabatan
Melakukan pelaksanaan proses perekrutan pegawai dan penempatannya diperusahaan, sehingga mendapatkan pegawai dangan keahlian, kemampuan & kompetensi yang tepat agar bisnis perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

Tanggung Jawab Utama
No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1
Mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing divisi.
T/B
2
Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
T/B
3
Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
M/H
4
Menyiapkan semua dokumen administrasi dan dokumen fasilitas kantor (computer, tempat duduk, telepon, dll) yang dibutuhkan agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik.
M/H
5
Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya kontrak kerja   
B/M
6
Menginput data karyawan ke SAP agar semua terdata dengan baik
B/M
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan

Indikator
1.
Keakuratan data kebutuhan karyawan setiap departemen
2.
Jumlah kandidat dalam database
3.
Cycle time penyediaan karyawan
4.
Tingkat kelengkapan data

Dimensi
Keuangan
:
1.
Biaya Operasional




Non Keuangan
:
1.
Jumlah kandidat


2.
Jumlah rekrutmen per tahun

Spesifikasi Jabatan
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
:
1.
S1 dengan program profesi psikologi


2.
Pengalaman 2 tahun di bidang recruitment




Keahlian dan pengetahuan
:
1.
Pengetahuan mengenai psikologi diagnostik


2.
Interview skill

Penjelasan :
Apakah Job Deskripsi ini sesuai dengan Gary Dessler ?
            Belum sesuai karena belum mencantumkan  Standar Prestasi , padahal Gary Dessler  menyebutkan bahwa sebagian besar deskripsi  berisi bagian-bagian yang mencakup :
1.      Identifikasi pekerjaan
2.      Ringkasan pekerjaan
3.      Tanggung jawab dan kewajiban
4.      Otoritas dari pemegang jabatan
5.      Standar prestasi
6.      Kondisi kerja
7.      Spesifikasi pekerjaan

·         menurut saya ada yang perlu di update dari sisi jobdes :
            Recruitment staff sebaiknya menyimpan data calon karyawan yang gagal pada tahap akhir recruitment (interview user), untuk memanggilnya lagi disaat perusahaan membutuhkan karyawan. Hal ini menguntungkan perusahaan dalam hal waktu dan biaya rekrutmen dan Mencantumkan Standar Prestasi buat Recruitment Staff biar mereka dapat bekerja seoptimal untuk mendapatkan calon karyawan baru yang terbaik buat perusahaan

·         menurut saya ada yg perlu di update dari sisi job spesifikasi :
1.      tidak hanya dari S1 tapi sebaiknya di tambah dengan S2
2.      tidak hanya dari sarjana /magister psikologi bisa juga dari sarjana/magister MSDM
3.      fresh gradute bisa ditambahkan

Berikut adalah salah satu cara mengudate Job Des dan Job Spesifikasi :
·         Wawancara
·         Observasi langsung
·         Kuesioner
            Dari hasil melakukan wawancara, obsevasi langsung, kuesioner di dapatkan hasil rating kuantitatif yang digunakan untuk menganalisa dan mengklasifikasikan pekerjaan. Kalau job des bisa ditambahkan dengan menggunakan Standar Occupational Qualification (kamus jabatan pekerjaan) dan menggunakan sumber- sumber internet yaitu menggunakn O*NET (untuk menggunakan perangkat ini dapat di akses di http://online.onetcenter.org atau juga dapat menggunakan sumber sumber internet seperti jobdescription.com. Kalau spesesifakasi pekerjaan itu menggunakan deskripsi pekerjaan dan menggunakannya untuk menjawab pertanyaan, "ciri pekerja dan pengalaman apa yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik?" hal ini menjelaskan jenis orang yang akan direkrut dan mutu yang harus diuji. Spesifikasi pekerjaan biasanya berdasarkan pada dugaan terarah dari para manajer; namun, untuk mengembangkan spesifikasi pekerjaan, pendekatan statistik lebih akurat dibandingkan pendekatan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar